PANDUAN KUESIONER PENGUMPULAN DATA MUTU PENDIDIKAN

PANDUAN KUESIONER
PENGUMPULAN DATA MUTU
PENDIDIKAN



Tujuan Pengisian kuesioner PMP dilakukan untuk mengumpulkan data mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di seluruh sekolah di Indonesia yang belum tercakup dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui kondisi sekolah terkait dengan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan sehingga diharapkan hasilnya dapat menjadi masukan untuk peningkatan mutu sekolah.

Kuesioner disusun dengan mengacu pada turunan Standar Nasional Pendidikan dalam bentuk indikator-indikator sesuai dengan yang ditetapkan dalam peraturan dan perundangan terkait SNP. Indikator yang telah tercakup dalam Dapodik tidak dicantumkan kembali dalam kuesioner.

Indikator yang tersaji dalam Tabel 1 digunakan sebagai dasar penyusunan daftarvariabel pertanyaan yang disajikan dalam kuesioner. Daftar variabel tersebut dikelompokkan ke dalam 6 (enam) bagian, antara lain:

Bagian A. Hasil Belajar
Bagian B. Isi Pendidikan
Bagian C. Proses Pembelajaran
Bagian D. Penialian Pembelajaran
Bagian E. Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Bagian F. Pengelolaan Pendidikan

Responden mewakili pemangku kepentingan sekolah antara lain:
1. Kepala Sekolah
Kepala Sekolah mengisi kuesioner untuk Kepala Sekolah dengan kode kuesioner KS. Hanya ada 1 (satu) responden Kepala Sekolah pada setiap sekolah.
2. Guru
Guru mengisi kuesioner untuk Guru dengan kode kuesioner GS. Responden guru pada jenjang Sekolah Dasar (SD) merupakan guru kelas, tiap tingkat kelas minimal diwakili oleh 1 (satu) responden guru. Responden guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan guru mata pelajaran, tiap tingkat kelas minimal diwakili oleh 1 (satu) responden guru per mata pelajaran.
3. Siswa
Siswa mengisi kuesioner untuk Siswa dengan kode kuesioner SS. Responden siswa pada jenjang Sekolah Dasar (SD) merupakan siswa kelas 4, 5 dan 6, tiap tingkat kelas minimal diwakili oleh 10 (sepuluh) responden siswa. Responden siswa pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan siswa seluruh tingkat kelas, tiap tingkat kelas minimal diwakili oleh 10 (sepuluh) responden siswa.
4. Komite Sekolah
Komite Sekolah mengisi kuesioner untuk Komite Sekolah dengan kode kuesioner MT. Responden komite sekolah merupakan perwakilan orangtua siswa, tiap tingkat kelas minimal diwakili oleh 1 (satu) responden perwakilan orangtua siswa kelas tersebut.
5. Pengawas Pembina
Pengawas Pembina mengisi kuesioner untuk Pengawas Sekolah dengan kode kuesioner PS. Responden pengawas merupakan pengawas sekolah yang membina sekolah tersebut. Hanya ada 1 (satu) responden Pengawas Sekolah pada setiap sekolah.

Petunjuk umum pengisian kuesioner adalah sebagai berikut:
1. Pemberian jawaban untuk pilihan angka dilakukan dengan melingkari () salah satu angka.
2. Pemberian jawaban untuk pilihan bertanda  dilakukan dengan menyilang (X) salah satu tanda.
3. Pemberian jawaban untuk pilihan bertanda  dilakukan dengan menyilang (X) satu atau lebih tanda.
bagi yang memerlukan silakan download PANDUAN KUESIONER PENGUMPULAN DATA MUTU PENDIDIKAN LENGKAP DENGAN KUESIONENYA di sini


EmoticonEmoticon