MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR TAHUN 2016

MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR TAHUN 2016



         Untuk mewujudkan kemampuan daya saing regional, maka kebijakan pembangunan pendidikan dan kebudayaan dilandasi paradigma bahwa pendidikan sebagai suatu Gerakan dan Pendidikan Menghasilkan Pembelajaran. Peran dan fungsi pendidik ( Guru ) dan tenaga kependidikan demikian penting dalam pencapaian visi Nawacita. Oleh karena itu, profesi guru dan tenanga kependidikan harus terus dikembangkan sebagai profesi yang kompetitif, bermatabat dan mulia.


      Dimulai tahun 2016, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan ( GTK ) membangun sistem   Guru Pembelajar, Kepala Sekolah Pembelajar, dan Pengawas Sekolah Pembelajar bebasi kompetensi mengacu pada standar kompetensi dan hasil pemetaan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah yang telah dilaksanakan 2015.

          Mudol ini khususnya memuat pembelajaran mandiri subtansi Pengelolaan Administrasi sekolah pada demensi kompetensi manajerial kepala sekolah. Pasca diselenggarakannya uji kompetensi kepala sekolah tahun 2015, pengembangan keprofesian berkelanjutan berbasis kompetensi dibangun dan dikembangkan menjadi program Kepala Sekolah Pembelajar dengan empat modalitas yaitu tatap muka, dalam jejaring ( daring ), kombinasi ( tatap muka dan daring), dan mandiri

     Modul Kepala Sekolah pembelajar ini dipersiapakan oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Dan Menengah, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk digunakan oleh kepala sekolah khususnya yang melaksanakan Program Kepala Sekolah Pembelajar serta pihak-pihak lain yang berkepentingan.

          Modul ini berkaitan dengan Modul Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKJM dan RKAS), Modul Pengelolaan Kurikulum, Modul Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Modul Supervisi Akademik dan Modul Pengelolaan Sarana dan Prasarana.


Silakan download Modul Kepala Sekolah di bawah ini : 
  1. SM  01 PENGELOLAAN PESERTA DIDIK BARU
  2. SM  02 PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH
  3. SM 03 PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
  4. SM 04 RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH DAN RENCANA KEGIATAN DAN              ANGGARAN SEKOLAH
  5. SM 05 PENGEMBANGAN SEKOLAH
  6. SM 06 PENGELOLAAN KURIKULUM
  7. SM 07 PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
  8. SM 08 PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA
  9. SM 09 KEWIRAUSAHAAN
  10. SM 10 SUPERVISI AKADEMIK


EmoticonEmoticon