WEB CONFERENCE/VIKON PADA GURU PEMBELAJAR

WEB CONFERENCE/VIKON



Pada Guru Pembelajar Moda Daring terdapat aktivitas untuk melakukan vicon/Web Conference (webcon). Web Conference digunakan untuk berkomunikasi antara pengampu (fasilitator) dengan kepala sekolah dan kepala sekolah lainya dalam bentuk audio video melalui fasilitas website. Berikut langkah-langkahnya:
1. Web conference ini dapat diakses dari tautan dengan ikon .
2. Kemudian tunggu beberapa saat browser akan melakukan koneksi ke server dan akan menampilkan jendela seperti di bawah:




3. Pilih “microphone” untuk mengikuti vikon/webcon dengan mikrofon aktif (akan dilakukan konfirmasi dan penyetingan mikrofon terlebih dahulu) atau “listen only” sebagai penyimak. Sebagai contoh pilih yang “Listen Only”.
4. Maka browser akan menampilkan halaman utama dari vikon/Web conference (Big Blue Button).



ikon-ikon status dan media

Menggunakan webcam
Untuk melakukan diskusi menggunakan video, Saudara perlu melakukan pengaturan agar webcam yang saudara miliki dapat digunakan sehingga peserta lain dapat melihat Saudara melalui webcam Saudara yang telah diaktifkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan webcam pada BBB:

Tombol Shere Your Webcam

1) Klik tombol “share your webcam” , maka akan tampil konfirmasi seperti di bawah dan klik tombol “Allow”
2) Akan tampil jendela “webcam setting” seperti di bawah dengan contoh hasil penangkapan visual (video) dari webcam

Hasil Webcam
3) Setelah terlihat video dari webcam maka klik tombol “start sharing”
4) Akan tampil video dari webcam pada bagian jendela webcam.

Jendela Webcam Pada Tampilan Utama 

Demikian cara menggunakan vicon/Web Conference (webcon) untuk lebih jelasnya silahkan download buku panduan Cara Melakukan Download Activity Completion, CARA MENAMBAHKAN ACTIVITY VICALL, vicon/Web Conference (webcon), dan juga Sofwear Vidio Call dan Vidio Confrence Guru Pembelajar Online.



untuk Sofwear Vidio Call dan Vidio Confrence Guru Pembelajar Online ada beberapa versi yang disediakan, silahkan download di bawah ini :






terimakasih dan semoga bermanfaat !!!


EmoticonEmoticon