MODA DARING KOMBINASI DALAM GURU PEMBELAJAR
Pembagian peserta dalam moda ini berdasarkan nilai hasil UKG
tahun 2015 dengan klasifikasi nilai 40 kebawah masuk dalam
Moda Tatap Muka, nilai 41 - 55 dalam kategori Daring Kombinasi,
dan nilai 56 - 70 dalam kelompok Daring.
tahun 2015 dengan klasifikasi nilai 40 kebawah masuk dalam
Moda Tatap Muka, nilai 41 - 55 dalam kategori Daring Kombinasi,
dan nilai 56 - 70 dalam kelompok Daring.
Moda Daring Kombinasi
Moda daring kombinasi adalah moda yang mengkombinasikan antara
tatap muka dengan daring. Fasilitator di satu sisi dapat direpresentasikan
oleh sistem pembelajaran yang terdiri dari firmware, brainware, dan
software; dan peserta di sisi lain melaksanakan instruksi yang diberikan
oleh sistem, mulai registrasi, pelaksanaan pembelajaran, sampai dengan
evaluasi.
tatap muka dengan daring. Fasilitator di satu sisi dapat direpresentasikan
oleh sistem pembelajaran yang terdiri dari firmware, brainware, dan
software; dan peserta di sisi lain melaksanakan instruksi yang diberikan
oleh sistem, mulai registrasi, pelaksanaan pembelajaran, sampai dengan
evaluasi.
Moda Daring Kombinasi dilaksanakan dengan mempersiapkan
sistem pembelajaran yang membutuhkan keterlibatan secara
langsung para pengampu dalam proses pembelajaran. Keterlibatan
para mentor dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara: (1) bertemu muka
secara langsung dengan peserta; atau (2) bertemu muka secara virtual,
baik melalui video, audio, maupun teks. Moda Daring Kombinasi
diperuntukkan bagi guru yang memerlukan peingkatan kompetensi
dengan mempelajari 6-7 modul.
sistem pembelajaran yang membutuhkan keterlibatan secara
langsung para pengampu dalam proses pembelajaran. Keterlibatan
para mentor dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara: (1) bertemu muka
secara langsung dengan peserta; atau (2) bertemu muka secara virtual,
baik melalui video, audio, maupun teks. Moda Daring Kombinasi
diperuntukkan bagi guru yang memerlukan peingkatan kompetensi
dengan mempelajari 6-7 modul.
Pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara
daring dan tatap muka. Interaksi belajar daring dilakukan secara
mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran
yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan
kapan saja dan dimana saja. Interaksi tatap muka dilaksanakan
bersamaan denganpeserta GP lainnya di pusat belajar (PB) yang telah
ditetapkan dan difasilitasi oleh seorang mentor. Interasi pada daring
kombinasi dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
daring dan tatap muka. Interaksi belajar daring dilakukan secara
mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran
yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan
kapan saja dan dimana saja. Interaksi tatap muka dilaksanakan
bersamaan denganpeserta GP lainnya di pusat belajar (PB) yang telah
ditetapkan dan difasilitasi oleh seorang mentor. Interasi pada daring
kombinasi dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Moda daring kombinasi adalah gabungan antara daring dan tatap
muka dengan komposisi 48 JP untuk interaksi daring dan 12 JP
(4 JP/pertemuan: sebanyak 3 pertemuan, yaitu Minggu I, III, dan VI)
untuk interaksi tatap muka di PB bersama mentor[1].Pada setiap
pertemuan tatap muka, mentor harus menyiapkan daftar hadir
dan berita acara yang harus dilaporkan ke UPT dan akan menjadi
lampiran pada pelaporan pertanggungjawaban kegiatan. Aktivitas
pembelajaran peserta pada Guru Pembelajar moda daring kombinasi
dijelaskan pada Tabel :
muka dengan komposisi 48 JP untuk interaksi daring dan 12 JP
(4 JP/pertemuan: sebanyak 3 pertemuan, yaitu Minggu I, III, dan VI)
untuk interaksi tatap muka di PB bersama mentor[1].Pada setiap
pertemuan tatap muka, mentor harus menyiapkan daftar hadir
dan berita acara yang harus dilaporkan ke UPT dan akan menjadi
lampiran pada pelaporan pertanggungjawaban kegiatan. Aktivitas
pembelajaran peserta pada Guru Pembelajar moda daring kombinasi
dijelaskan pada Tabel :
Sesi Pendahuluan
10 JP
|
Sesi Pembelajaran
|
Sesi Penutup
10 JP
| |||||||
Sesi - 1
Minggu ke-2
10 JP
|
Sesi - 2
Minggu ke-3
10 JP
|
Sesi - 3
Minggu ke-4
10 JP
|
Sesi - 4
Minggu ke-5
10 JP
| ||||||
4 JP
|
6 JP
|
10 JP
|
8 JP
|
4 JP
|
8 JP
|
10 JP
|
6 JP
|
4 JP
| |
Tatap Muka
|
Daring
|
Daring
|
Daring
|
Tatap Muka
|
Daring
|
Daring
|
Daring
|
Tatap Muka
| |
TM-1
|
Peserta melakukan pembelajaran:
·Saran dan cara penggunaan modul
·Alur pembelajaran
·Aktivitas belajar lain di sesi pendahuluan
|
Pada setiap sesi terdiri dari:
· Pengantar Sesi
· Aktivitas belajar
· Forum Sesi, Refleksi,
· Mengunggah Tugas dan Tagihan
· Reaksi peserta, Penilaian Diri, Tes Sumatif Sesi
|
TM-2
|
Pada setiap sesi terdiri dari:
· Pengantar Sesi
· Aktivitas belajar
· Forum Sesi, Refleksi,
· Mengunggah Tugas dan Tagihan
· Reaksi peserta, Penilaian Diri, Tes Sumatif Sesi
|
Peserta melakukan kegiatan pembelajaran:
· Kesimpulan dan umpan balik
· Evaluasi penyelenggaraan
· Tes akhir
|
TM-3
|
[1] jika karena satu dan lain hal, pertemuan TM di PB tidak dapat dilaksanakan sesuai minggu yang telah ditentukan,
maka perlu dibuatkan berita acara (alasan kenapa terjadi penundaan).
maka perlu dibuatkan berita acara (alasan kenapa terjadi penundaan).
[1] jika karena satu dan lain hal, pertemuan TM di PB tidak dapat dilaksanakan sesuai minggu yang telah ditentukan,
maka perlu dibuatkan berita acara (alasan kenapa terjadi penundaan).
Pada saat tatap muka di PB, peserta bersama mentor akan melaksanakan
kegiatan pembelajaran selama total 12 JP, dengan struktur program pada
setiap tatap muka seperti pada Tabel :
maka perlu dibuatkan berita acara (alasan kenapa terjadi penundaan).
Pada saat tatap muka di PB, peserta bersama mentor akan melaksanakan
kegiatan pembelajaran selama total 12 JP, dengan struktur program pada
setiap tatap muka seperti pada Tabel :
No
|
Uraian Materi
|
JP
|
Keterangan
|
A.
|
Tatap Muka-1 (TM-1)
|
4
| |
1.
|
Orientas Program:
• Perkenalan
• Materi umum
|
1
|
Materi umum meliputi:
· Kebijakan pengembangan dan pembinaan karir guru danpeningkatan kompetensiguru pembelajar
|
2.
|
Pengenalan dan Demonstrasi sistem Guru Pembelajar moda daring kombinasi
|
2
|
Difasilitasi oleh Mentor, Peserta log in ke dalam sistem, demonstrasi, dan praktik.
|
3.
|
Rencana Tindak Lanjut (rencana belajar)
|
1
|
Mentor membimbing peserta mengembangkan rencana belajar selama 6 minggu
|
B.
|
Tatap Muka-2 (TM-2)
|
4
| |
1.
|
Pendalaman Materi Kelompok kompetensi (Mata pelajaran bersangkutan)
|
3
|
Reviu rekaman kegiatan peserta (kemajuan pembelajaran)
Memeriksa dan mendiskusikan tugas-tugas peserta
|
2.
|
Rencana Tindak Lanjut (Rencana sesi berikutnya)
|
1
|
Mentor membimbing peserta mengembangkan rencana belajar yang akan dilakukan pada sesi berikutnya
|
C.
|
Tatap Muka-3 (TM-3)
|
4
| |
1.
|
Evaluasi Guru Pembelajar Daring Kombinasi
|
1
|
Evaluasi pelaksanaan yang diberikan sesuai standar P4TK masing-masing.
Peserta melakukan tes akhir secara serentak sesuai jadwal yang telah ditentukan di PB dengan diawasi oleh mentor
|
2.
|
Presentasi Hasil Peserta
|
2
|
Mempresentasikan hasil peserta dalam proses pembelajaran Daring
|
3.
|
Rencana Tindak Lanjut (Rencana pengembangan diri)
|
1
|
Mentor membimbing peserta mengembangkan rencana pengembangan diri setelah mengikuti kegiatan Guru Pembelajar daring
|
Total
|
12
|
a. Kegiatan Awal
Kegiatan pada moda ini diawali dengan pengenalan konsep
dan sistem Guru Pembelajarmoda daring yang dipandu oleh
mentor di pusat belajar yang telah ditentukan. Peserta akan masuk (login)
ke dalam LMS sesuai dengan nama pengguna(username)dan kata kunci
(password) yang sudah ditentukan. Selanjutnya, peserta akan
melaksanakan aktivitas pembelajaran bersama mentor di PB sesuai
dengan struktur program TM-1 yang tertuang pada Tabel 3.5 diatas.
Pada akhir pertemuan, mentor membimbing peserta membuat
rencana belajar selama 6 minggu.
dan sistem Guru Pembelajarmoda daring yang dipandu oleh
mentor di pusat belajar yang telah ditentukan. Peserta akan masuk (login)
ke dalam LMS sesuai dengan nama pengguna(username)dan kata kunci
(password) yang sudah ditentukan. Selanjutnya, peserta akan
melaksanakan aktivitas pembelajaran bersama mentor di PB sesuai
dengan struktur program TM-1 yang tertuang pada Tabel 3.5 diatas.
Pada akhir pertemuan, mentor membimbing peserta membuat
rencana belajar selama 6 minggu.
b. Kegiatan pada Sesi Pembelajaran
Kegiatan pada sesi pembelajaran adalah kegiatan inti dimana peserta
melaksanakan pembelajaran daring dan luring, baik secara mandiri
maupun terbimbing oleh mentor. Pada kegiatan ini, peserta melakukan
aktivitas-aktivitas untuk mencapai target kompetensi dan hasil belajar
yang telah ditentukan sebelumnya dan dibuktikan dengan tugas dan
tagihan. Untuk Guru Pembelajarmoda daring kombinasi ini, peserta dan
mentor bertemu secara tatap muka di Pusat Belajar (PB) untuk
berdiskusi dan membahas hal-hal yang terkait dengan pembelajaran.
Tatap Muka ke-2 (TM-2) pada sesi pembelajaran dilaksanakan
di pertengahan sesi antara sesi 2 dan 3, dengan struktur materi seperti
tertuang pada Tabel 3.5. Pada setiap akhir sesi, peserta akan
mengerjakan tes sumatif sesi.
melaksanakan pembelajaran daring dan luring, baik secara mandiri
maupun terbimbing oleh mentor. Pada kegiatan ini, peserta melakukan
aktivitas-aktivitas untuk mencapai target kompetensi dan hasil belajar
yang telah ditentukan sebelumnya dan dibuktikan dengan tugas dan
tagihan. Untuk Guru Pembelajarmoda daring kombinasi ini, peserta dan
mentor bertemu secara tatap muka di Pusat Belajar (PB) untuk
berdiskusi dan membahas hal-hal yang terkait dengan pembelajaran.
Tatap Muka ke-2 (TM-2) pada sesi pembelajaran dilaksanakan
di pertengahan sesi antara sesi 2 dan 3, dengan struktur materi seperti
tertuang pada Tabel 3.5. Pada setiap akhir sesi, peserta akan
mengerjakan tes sumatif sesi.
c. Kegiatan Akhir
Kegiatan akhir dilaksanakan secara daring dan tatap muka di pusat
belajar pada minggu ke 6 (sesi penutup), untuk meyakinkan bahwa
semua tugas maupun tagihan yang dipersyaratkan pada pembelajaran
Guru Pembelajarmoda daring telah terunggah seluruhnya dan dapat
dipertanggungjawabkan. Pada kegiatan tatap muka ke-3 (TM-3), peserta
akan melaporkan hasil pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
mulai dari awal hingga akhir dengan membawa seluruh
bukti yang dapat dipertanggungjawabkan untuk di reviu dan divalidasi oleh
mentor.
belajar pada minggu ke 6 (sesi penutup), untuk meyakinkan bahwa
semua tugas maupun tagihan yang dipersyaratkan pada pembelajaran
Guru Pembelajarmoda daring telah terunggah seluruhnya dan dapat
dipertanggungjawabkan. Pada kegiatan tatap muka ke-3 (TM-3), peserta
akan melaporkan hasil pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
mulai dari awal hingga akhir dengan membawa seluruh
bukti yang dapat dipertanggungjawabkan untuk di reviu dan divalidasi oleh
mentor.
a. Penilaian dan Sertifikasi
Penilaian dalam Guru Pembelajar moda daring (selanjutnya disebut nilai
akhir), diperoleh dari tagihan yang harus diselesaikan oleh peserta dan
akan dilakukan secara otomatis di dalam LMS. Nilai akhir (NA)
peserta diperoleh dari komponen:
akhir), diperoleh dari tagihan yang harus diselesaikan oleh peserta dan
akan dilakukan secara otomatis di dalam LMS. Nilai akhir (NA)
peserta diperoleh dari komponen:
1. Penilaian Diri (PD)
Penilaian diri merupakan tugas-tugas (baik pengetahuan maupun
keterampilan) yang harus diselesaikan oleh peserta.Kemudian peserta
menilai sendiri hasil pekerjaannya sesuai dengan rubrik yang telah
disediakan di LMS.
keterampilan) yang harus diselesaikan oleh peserta.Kemudian peserta
menilai sendiri hasil pekerjaannya sesuai dengan rubrik yang telah
disediakan di LMS.
2. Tes Sumatif Sesi (TS)
Tes sesi dilakukan oleh peserta di setiap akhir sesi.Nilai tes sesi
merupakan rata-rata dari keseluruhan nilai tes sesi yang dilakukan.
merupakan rata-rata dari keseluruhan nilai tes sesi yang dilakukan.
3. Tes Akhir (TA)
Tes akhir dilakukan oleh peserta pada akhir pembelajaran di Sesi
Penutup.Pelaksanaan tes akhir dilakukan secara serentak sesuai dengan
jadwal yang telah ditentukan pada setiap kelas modul pada TUK yang
telah ditentukan menggunakan sistem UKG.Tes akhir akan digunakan
sebagai nilai sertifikat pada kelompok kompetensi yang diikuti.
Penutup.Pelaksanaan tes akhir dilakukan secara serentak sesuai dengan
jadwal yang telah ditentukan pada setiap kelas modul pada TUK yang
telah ditentukan menggunakan sistem UKG.Tes akhir akan digunakan
sebagai nilai sertifikat pada kelompok kompetensi yang diikuti.
Demikian semoga bermanfaat.
EmoticonEmoticon