Panduan Guru Pembelajar Online (GPO)

Panduan Guru Pembelajar Online (GPO)


PANDUAN GURU PEMBELAJARAN ONLINE


Baru-baru ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Program Guru Pembelajar. Program Guru Pembelajar adalah program peningkatan kompetensi bagi guru yang melibatkan partisipasi publik meliputi pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, orang tua siswa, serta dunia usaha dan dunia industri, dalam bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat), kegiatan kolektif guru, dan kegiatan lain yang mendukung.

Program diklat Guru Pembelajar dilaksanakan dengan menggunakan 3 (tiga) moda pembelajaran, yakni: tatap muka, pembelajaran dalam jaringan (daring), dan pembelajaran kombinasi antara tatap muka dengan pembelajaran dalam jaringan (daring kombinasi).


Pelaksanaan program Guru Pembelajar baik moda tatap muka maupun moda daring terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Guru Pembelajar (Sigelar). Sehubungan dengan pentingnya pengelolaan SIM tersebut, maka setiap UPT harus memiliki tim atau staf teknis yang mempunyai kompetensi dalam pengoperasian sistem, baik Sigelar, SIM Diklat Tatap Muka, Sistem Pembelajaran Daring maupun Sistem UKG.

Berikut saya sajikan modul paduan Guru Pembelajar :


EmoticonEmoticon